Menu Close

Empat Amalan di Hari Jum’at

Dalam setahun ada bulan istimewa, ada hari istimewa dan ada waktu yang istimewa. Dalam keistimewaannya itu apabila kita dapat melakukan amal ibadah, maka sangat besar fadlilahnya. Ada banyak amalan yang bisa kita amalkan di hari Jum’at itu. Mulai malam Jum’at, sampai sore Jum’at. Begitu istimewanya hari Jum’at sampai-sampai hari Jum’at itu di sebut sebagai penghulu daripada sekalian hari. Hari raya bagi kaum Muslimin dan hajinya fakir miskin. Maka dari itu seyogyanya kaum Muslimin dapat memanfaatkan keistimewaan itu untuk beramal dalam rangkan mencari keridloan Allah SWT.

Ada banyak riwayat yang menerangkan tentang amal-amal apa yang perlu kita kerjakan di hari Jum’at itu. Mari kita kutip salah satu hadits yang artinya “Barang siapa yang pagi jum’at berpuasa dan mengunjungi/menengok orang yang sakit, menyaksikan jenazah dan bersedekah dengan satu sedekah, maka wajib masuk surga.”

Dalam hadits di atas dapat kita pahami bahwa ada 4 (empat) amalan atau pekerjaan yang dianjurkan untuk di kerjakan di hari jum’at.

  1. Berpuasa di Hari Jum’at
    Berpuasa di pagi jum’at maksudnya adalah melakukan puasa atau tidak makan dan minum seperti berpuasa dan berbuka setelah solat jum’at. Kalau berpuasa hari jum’at kan ada larangan karena hari jum’at di sebut sebagai hari raya, tetapi bagi puasa yang dzusababin semacam membayar qodlo dan harinya mepet bulan Ramadhan ini di bolehkan, atau puasanya digabung dengan hari kamis atau sabtu maka di bolehkan.
  2. Mengunjungi Orang Sakit
    Hak sesama muslim di antaranya adalah hak untuk saling menengok/mengunjungi orang yang sakit. Hal ini sangat banyak manfaatnya bagi kita. Apalagi bagi yang sakit hal ini akan menambah sugesti dan hasrat untuk melawan penyakit dan hasrat untuk cepat sembuh karena ada perasaan bahagia dan merasa tidak sendirian dalam merasakan derita sakit. Kemudia bisa saling mendoakan antara si sakit dan pengunjung, yang mana do’a orang sakit itu di ijabah oleh Allah SWT.
  3. Menyaksikan Jenazah
    Menyaksikan jenazah juga merupakan hak sesama muslim dan pahalanya sangat luar biasa, walaupun pengurusan jenazah dan persaksian jenazah merupakan fardlu kifayah, namun anjuran agama untuk itu sangat kuat bahkan melayat itu merupakan ibadah yang justru berkaitan langsung dengan masyarakat yang sedang terkena musibah. Kita pasti pernah merasakan bahwa ketika anggota keluarga ada yang berpulang ke rahmat Allah kita sangat bersedih. Kemudian etika ada kerabat atau taulan yang datang berkunjung, kita jadi terhibur dengan kehadiran mereka semua.
  4. Bersedekah
    Oleh karena hari Jum’at adalah penghulu dari sekalian hari maka amal yang dilakukan pada hari Jumat sangatlah luar biasa pahalanya dan bahkan di jamin masuk surga oleh Rasululloh SAW. Sedekah ini boleh berupa apa saja yang penting harus sesuatu yang ada manfaatnya dan dapat di ambil manfaatnya oleh orang yang kita beri sedekah. Maka dari itu marilah kita gemakan gerakan sedekah di hari Jum’at semoga Allah memberikan keberkahan hidup kita. Amiin ya robbal alamiin. (zenbaznasmj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *